Kamis, 19 Desember 2013, 10:13

SEJARAH KANWIL KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI MALUKU UTARA

Provinsi Maluku Utara terbentuk sejak ditetapkannya UU no 46 tahun 1999 Tanggal 12 Oktober 1999. Sebagai konsekwensi logis dari terbentuknya Provinsi Maluku Utara perlu diikuti dengan pembentukan sejumlah organisasi kepemerintahan sebagai institusi Negara dalam memberikan pelayanan dan menggerakkan pembangunan termasuk pelayanan dan pembangunan bidang agama.

Masyarakat Maluku Utara dari berbagai komponen yang telah lama menginginkan pelayanan aparatur yang singkat, mudah, murah, efektif dan efisien serta cepat di berbagai sektor khususnya agama memanfaatkan momentum itu untuk segera merealisasikan keinginan akan keberadaan institusi Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Maluku Utara. Adalah tiga orang tokoh masing-masing :1. Bpk. Drs. H. Djafar Conoras (Almarhum), sebagai Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Halmahera Tengah. 2. Bpk. Abd. Ajid Tihurua, SH sebagai Kepala Kandepag Kabupaten Maluku Utara. 3. Bpk. Rusli Karim BA, sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha Pada Kantor Departemen Agama Kabupaten Maluku Utara, Pada hari senin tanggal 9 Desember 1999 bertempat di ruang kerja Kepala Kantor Departemen Agama Kab. Maluku Utara Jl. Cengkeh Afo Ternate mengadakan pertemuan membicarakan rencana pembentukan Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Maluku Utara. Hasilnya disusunlah konsep usul tentang pembentukan Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Maluku Utara lengkap dengan struktur organisasi dan tipologi Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Maluku Utara dengan berpedoman pada struktur organisasi dan tipologi Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Maluku, Ambon sebagai Kantor Wilayah Induk saat itu. Selanjutnya konsep usul dimaksud diketik dan diantar oleh Bpk. Rusli Karim, BA ke Biro Organisasi dan Tata Laksana Kantor Gubernur Maluku Utara yang dijabat oleh Drs. Salahuddin Baba. Gayung bersambut kurang lebih sepuluh hari kemudian Surat Gubernur kepada Menteri Agama dikirim.

Dengan penuh harap ketiga orang pejabat / tokoh tadi berdoa dan bertawakkal disertai ikhtiar yang sungguh-sungguh sambil menjalin komunikasi dengan pejabat terkait di Departemen Agama Pusat, menyampaikan opini masyarakat melalui telepon maupun komunikasi langsung ketika bertugas di Jakarta. Upaya-upaya tersebut akhirnya dengan ijin dan Ridha Allah SWT dapat terwujud dengan diterbitkannya Keputusan Menteri Agama RI Nomor 381 Tahun 2000 tanggal 31 Agustus 2000. Oleh ketiga tokoh tersebut kemudian bertemu kembali di Kantor Departemen Agama Kabupaten Maluku Utara di Ternate sambil melakukan sujud syukur atas terbentuknya Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Maluku Utara. Langkah selanjutnya adalah mencari figur yang tepat untuk memimpin atau menjadi orang nomor satu di Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Maluku Utara. Berbekal Rekomendasi Penjabat Gubernur Maluku Utara, 3 nama diUsulkan untuk menjadi Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Maluku Utara. Akhirnya keluarlah Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor B.II/3/1370/2001 tanggal 29 Maret 2001 yang menetapkan Bpk Drs. H Djafar Conoras sebagai Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Maluku Utara, dan pada tanggal 12 April 2001 beliau dilantik oleh Penjabat Gubernur Maluku Utara Bpk. Abd Muhyi Efendi. Setelah pelantikan, oleh Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Maluku Utara kemudian menunjuk Bpk. Rusli Karim, BA sebagai pelaksana Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Maluku Utara untuk menyusun Struktur organisasi Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Maluku Utara dan selanjutnya diusulkan kepada Menteri Agama guna diterbitkan SK Jabatan bagi pejabat eselon III. SK Menteri Agama RI tentang Jabatan eselon III tanggal 21 Mei 2001 Nomor : B.II/3/1971/2001. Sedangkan pejabat eselon IV diusulkan dan diterbitkan SK oleh Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Maluku Utara Tanggal 18 Mei 2001 Nomor : WV.1/140/2001 dan dilantik pada tanggal 30 Mei 2001 guna memberikan pelayanan kepada masyarakat di jazirah Moloku Kie Raha khususnya dibidang Agama. Komposisi dan Struktur Organisasi pertama pada Kanwil Departemen Agama Provinsi Maluku Utara adalah sebagai berikut :

Kakanwil : Drs. H. DJAFAR CONORAS

Kepala Bagian Tata Usaha : RUSLI KARIM, BA

Kasubag Perenc. Keuangan,IKN dan Informasi Keagamaan : SULAIMAN G. MAHMUD, BA

Kasubag Ortala dan Kepegawaian : Drs. M. TAHIR ABDULLAH

Kasubag Umum : Drs. AMAR MANAF

Kepala Bidang Pendidikan : Drs. MUHAMMAD Hi. AHMAD

Kepala Seksi PAI Tk. Menengah : Drs. SULAIMAN DAN

Kepala Seksi PAI Tk. Dasar : MUHAMMAD Hi. WAHAB, S.Ag.

Kepala Seksi Pondok Pesantren : Dra. Hj. AISJA ASSAGAF

Kepala Bidang URMAIS : Drs. H. MUHSIN HAFEL

Kepala Seksi Dakwah dan penyuluhan : Drs. ABDURRAZAK ABUBAKAR

Kepala Seksi Kepenghuluan : NAHRAWI ADAM, BA

Kepala Seksi Kemesjidan,Zakat dan Baitul Mal : Drs. ARSAD SANAKY

Pembimbing Urusan Haji, Umroh dan Wakaf : MASRI FATHUN, S.Ag.

Semenjak Pelantikan Pejabat eselon III dan IV operasionalisasi Kantor Wilayah Departemen Agama dimulai dengan menggunakan lantai II Kantor Departemen Agama Kabupaten Maluku Utara sebagai Kantor Sementara. Pada Tahun Anggaran 2002 dengan menggunakan anggaran sewa Kantor, Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Maluku Utara menyewa rumah Sdr. H. Djadid Ali yang terletak di Jalan Batu Angus Kelurahan Akehuda Ternate untuk dijadikan sebagai Kantor.

Pada Tahun Anggaran 2003 mendapat alokasi anggaran untuk pembangunan Gedung baru Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Maluku Utara di kompleks Madrasah Tsanawiyah Negeri Jln. Batu Angus Kelurahan Dufa-Dufa Ternate. Sambil menunggu penyelesaian pembangunan Kantor dan berakhirnya masa kontrak di kelurahan Akehuda maka operasionalisasi Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Maluku Utara dialihkan sementara ke Aula Madrasah Tsanawiyah Negeri Jln. Batu Angus Dufa-Dufa Ternate.

Setelah pembangunan gedung Kantor selesai, maka pada bulan Oktober 2003 operasionalisasi pelayanan kantor dialihkan digedung baru. Digunakan hingga tahun 2010.

Seiring dengan proses pembangunan infra struktur perkantoran di Sofifi ibukota Provinsi Maluku Utara, maka Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Maluku Utara pada tahun anggaran 2004 juga memulai pembangunan Gedung Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Maluku Utara di desa Sofifi setelah mendapatkan hibah lokasi dari Pemerintah Provinsi Maluku Utara seluas kurang lebih 4 Ha. Atas perjuangan Kepala Kantor Wilayah Drs. H. Djafar Conoras dan Kepala Bagian Tata usaha saat itu Drs. M. Tahir Abdullah.

Seiring dengan kebijakan Pemerintah provinsi Maluku Utara untuk mengalihkan semua pelayanan perkantoran di ibukota Provinsi Maluku Utara di bawah kepemimpinan Gubernur H. Thaib Armayin dan Wakil Gubernur KH. Abd. Gani Kasuba, maka aktifitas operasionalisasi pelayanan Kanwil kementerian Agama Provinsi Maluku Utara di alihkan ke Kantor di Sofifi pada tahun 2010 atas inisiatif Bapak Drs. H. Mohsen, MM. Sedangkan gedung Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara yang lama dihibahkan kepada Madrasah Tsanawiyah Negeri Ternate untuk dimanfaatkan sebagai gedung Madrasah tempat siswa belajar.

Berikut daftar susunan nama-nama kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara dari periode 2001 hingga sekarang :

1. Drs. H. Djafar Conoras (Almarhum) periode 2001 2007.

2. Drs. H.M Tahir Abdullah periode 2007 2008.

3. Drs. H. Mohsen, MM periode 2008 2010.

4. H. Abd Rahman Kharie, S.Ag Periode 2010 2012.

5. Drs. H.M Tahir Abdullah periode 2012 2014

6. Drs. H Abdullah Latopada, M.PdI periode 2014 2016

7. H. Rusli Libahongi, S.Ag, M.Ap Priode 2016 Sekarang

Berita Lainnya
Selasa, 13 Desember 2016, 19:31

Pendaftaran Calon Anggota Badan Pelaksana dan Anggota Dewan Pengawas Badan Pengelola Keuangan Haji

Selasa, 13 Desember 2016, 19:30

PMA 34 Tahun 2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Urusan Agama Kecamatan

Selasa, 13 Desember 2016, 19:29

Surat Keputusan Bersama Tentang Perubahan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2017

Selasa, 13 Desember 2016, 19:29

Pengumuman Seleksi Dewan Pengawas Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH)

Selasa, 13 Desember 2016, 19:28

Surat Edaran Tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Administrasi dan Pengangkatan Kepala Madrasah Pada Kementerian Agama Republik Indonesia