Kamis, 2 Maret 2017, 12:46

Kemenag Hadiri Sosialisasi Penerbitan Paspor Haji

SOSIALISASI: Foto bersama usai kegiatan Sosialisasi Percepatan Proses Penerbitan Paspor Bagi Calon Jemaah Haji Tahun 2017

TERNATEInmas Malut--- Pihak Kementerian Agama (Kemenag) menghadiri undangan kegiatan Sosialisasi Percepatan Proses Penerbitan Paspor Bagi Calon Jemaah Haji Tahun 2017 yang diadakan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kantor Wilayah Maluku Utara. Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Imigrasi Kelas I Ternate, Selasa (28/2) ini dibuka langsung Kepala Kemenkum HAM Kanwil Malut, DR. Agus Anwar, SH, MH.

Dalam sambutannya, Agus menyampaikan respon positif terhadap kegiatan Sosialisasi Percepatan Proses Penerbitan Paspor Bagi Calon Jemaah Haji di wilayah Kantor Imigrasi (Kanim) kelas I Ternate. Ia berpesan kepada para petugas Kanim Ternate agar melakukan tugas pelayanan secara professional. Pastikan tidak ada pungli dalam pembuatan paspor bagi jamaah calon haji dan atau kepada siapapun, tegasnya.

Lanjut Agus, pelayanan keimigrasian kepada umat Islam yang melaksanakan ibadah haji harus terus ditingkatan. Dia mengingatkan tugas dan fungsi keimigrasian salah satunya adalah melakukan penerbitan paspor haji, dengan pelayanan ini diharapkan akan memberikan efek perlindungan kepada pemegangnya berupa data yang jelas dan benar.

Menurutnya, Kanwil Menkum & HAM Malut memiliki Unit Pelaksana Teknis (UPT), salah satunya ialah UPT Kantor Imigrasi Kelas I Ternate dengan wilayah kerja antara lain Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Kepulauan Sula, dan Kabupaten Pulau Taliabu. UPT Kanim Kelas I Ternate secara aktif merespon kegiatan tahunan ini dengan star awal memberikan sosialiasi kepada petugas Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama masing-masing Kabupaten/Kota dengan cara meningkatkan jalur koordinasi untuk mengetahui estimasi data calon haji (calhaj) yang berhak berangkat menunaikan ibadah haji tahun 2017.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian pasal 24 (ayat 4) menyatakan bahwa dokumen perjalanan merupakan dokumen Negara. Karena itu, Kakanwil Kemenkum HAM Malut mengimbau kepada calhaj memalui Kanwil Kemenag Malut dan jajarannya agar dapat kiranya menjaga dokumen perjalanan yang dititipkan tersebut dengan baik misalnya tidak basah/kenal air, tidak distempel dan dicoret-coret.

Pihak Kemenag yang mengikuti Sosialisasi Penerbitan Paspor Bagi Calhaj Tahun 2017 ialah Pejabat Kemenag di lingkup Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Malut, Kemenag Kota Ternate, Kemenag Kota Tikep, Kemenag Kabupaten Halbar, Kemenag Kabupaten Halsel, Kemenag Kabupaten Kepsul, dan Kemenag Kabupaten Pulau Taliabu dan beberapa staf dan Kepala KUA di Kota Ternate dan Kota Tidore (zab/mus)foto:humas

Berita Lainnya
Selasa, 28 Februari 2017, 10:37

Kanwil Kemenag Malut Lelang Jabatan

Kamis, 23 Februari 2017, 09:06

Pengurus TM Quba dan DWP Kemenag Dikukuhkan

Selasa, 21 Februari 2017, 11:37

Pejabat Kemenag Malut Tandatangani Perkin

Selasa, 21 Februari 2017, 11:33

Kakanwil Kemenag Rotasi Pejabat Eselon III

Selasa, 21 Februari 2017, 11:27

Kemenag MoU Kota Santri dan Pencegahan Narkoba